h1

Tablet PC Lepas Landas 2010

Januari 25, 2010

Ada berita bagus datang dari inilah.com.
beritanya tentang Tablet PC. Ehm, seperti apa ya?
INILAH.COM, Jakarta – Tablet PC diperkirakan akan meledak di 2010 dan akan dibeli puluhan juta orang. Hanya saja, jika produsen ingin lepas landas, harga produk ini harus di bawah US$299.

Awalnya tablet PC disebut komputer pena dan mulai didebut pada 1992. Perangkat ini kemudian gagal total. Kategori itu muncul kembali pada 2001, ketika Bill Gates memperkenalkan program Windows Tablet.

Bos Microsoft itu dengan percaya diri menyatakan tablet PC sebagai masa depan komputasi mobile. Namun tablet tetap gagal mencapai adopsi mainstream. Komputer itu hanya digunakan industri tertentu saja, seperti di bidang medis, keselamatan umum, transportasi, dan beberapa sektor manufaktur.

Menurut peneliti pasar IDC, pasar tablet PC mencapai US$950 juta pada 2009. Dengan semua tablet yang digulirkan pada 2009, maka 2010 komputer kategori ini bisa meledak.

Analis bahkan memprediksikan tablet Apple bisa terjual dua juta unit. Tapi harga bisa menjadi masalah besar. Jika produsen menginginkan tablet benar-benar lepas landas, harganya harus di bawah US$299. Namun tingkat harga serendah itu sulit terjadi di 2010.

Sebuah produk diperkenalkan Lenovo di CES beberapa waktu lalu mungkin memiliki dampak yang dramatis di pasar laptop. Produk disebut U1 itu dianggap semacam hibrida. U1 tampak seperti laptop biasa, namun layarnya bisa muncul keluar dan berubah menjadi sebuah tablet.

Di modus notebook, perangkat itu menjalankan processor Intel Core Duo dengan Windows 7. Namun saat U1 mengeluarkan layarnya, maka akan berubah menjadi sebuah tablet yang menjalankan prosesor SnapDraon Qualcomm, serta antarmuka dari versi Linux Skylight.

U1 dijadwalkan akan dirilis Mei dengan banderol US$999. Tapi tablet PC tunggal juga melejit, terutama jika Apple benar-benar melakukan inovasi di wilayah itu.

Menurut analis Deloitte, perangkat tablet dengan Wi-Fi, berada di wilayah antara SmartPhone dan Netbook. Produk itu diperkirakan akan dibeli oleh puluhan juta orang pada 2010.

“NetTabs akan memenuhi kebutuhan konsumen tertentu dibandingkan dengan smartphone yang di satu sisi masih agak kecil untuk menonton video atau bahkan browsing web. Sementara notebook, netbook, dan PC ultra-tipis di sisi lain terlalu besar, berat dan mahal,” kata laporan itu

Menurut Paul Lee, penulis laporan itu menyatakan tablet merupakan perangkat yang tepat karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Saat ini konsumen sudah sadar beberapa perusahaan berencana akan merilis komputer tablet versi mereka sendiri tahun ini, termasuk Apple.

Meskipun sulit meramalkan penjualan spesifikasi perangkat yang belum diketahui, beberapa analis sudah berani memperkirakan 12-bulan setelah peluncuran penjualan bisa mencapai lebih dari satu miliar dolar. Ini lebih besar dari penjualan global perangkat navigasi pribadi.

Jika teknologi baru muncul, mau tak mau akan berdampak pada teknologi yang sudah ada. “Untuk setiap satu juta tablet yang terjual maka akan ada dampak pada produk e-reader”. Lalu jika tablet bisa mengisi celah di pasar, tapi mengapa produk ini gagal di masa lalu termasuk saat Microsoft mencoba memasarkannya?

“Grafis, perangkat lunak, dan user interface kurang, juga tidak terhubung dengan baik ke jaringan selular atau Wi-Fi, dan yang paling penting produk itu sebagian besar menjadi berorientasi pada perangkat data-entry ” kata Jolyn Barker dari Deloitte

“Sebaliknya, perangkat yang mudah digunakan dan berfokus pada konsumen terutama untuk media dan browsing web, jauh lebih mungkin untuk diterima secara luas oleh pasar,” urainya. [mdr].
Wow keren bukan? nah, semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: